3 Langkah Ganti Kata Sandi Facebook Agar Tidak Lupa

Kecanggihan teknologi sudah kita rasakan seiring dengan kemajuan jaman. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui perangkat digital seperti Ponsel dan Smartphone. Seiring dengan hal tadi kemudian banyak bermunculan jejaring sosial media yang memberikan kemudahan bagi pengguna.

Sebut saja Twitter, Facebook, Instagram, serta forum-forum lain pada Website yang semua itu dapat menjadi tempat untuk kita saling berbagi ilmu maupun sekedar berbasa-basi dalam kata.


Berbicara tentang sosial media, tentu kita sudah familiar dengan yang namanya Facebook, selain Twitter dan Instagram tadi. Hampir semua kalangan usia memiliki akun Facebook, bahkan tak jarang dari mereka yang memiliki puluhan akun.


Facebook


Facebook pertama kali di luncurkan pada Februari 2004 di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Jejaring sosial yang kemudian bisa dinikmati aksesnya oleh jutaan pengguna ini di ciptakan oleh mereka yang berotak cerdas, siapa lagi kalu bukan Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Mozkovitz, Chris Hughes. Mereka berlima adalah pentolan Facebook yang hingga kini tetap eksis.


Mempunyai akun Facebook merupakan kesenangan sendiri buat kita, sebab dengan mempunyai akun tersebut kita dapat berinteraksi dengan banyak orang di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya itu saja, bahkan dengan akun Facebook tadi kita bisa mengembangkan apa yang kita bisa, misalnya berdagang melalui Facebook, mempromosikan bisnis dan masih banyak lagi lainnya.

Ngomongin akun Facebook, tentu kita tidak lepas dari yang nanmanya username dan password sebagai kelanjutan untuk masuk ke akun kemudian berinteraksi.



Seberapa Penting Keamanan Kata Sandi Bagi Sebuah Akun?


Sebuah akun tanpa kata sandi rasanya mustahil, ya toh? Begitu juga dengan password yang sangat mudah di tebak orang lain pastinya akan sangat merugikan kita.

Dalam sebuah akun, peranan kata sandi atau password sangatlah penting, hal ini guna menjaga privasi akun itu sendiri. Lalu bagaimana kalau ada orang lain yang bisa dengan sangat mudah menguasai akun Facebook kita misalnya, sementara kita tidak pernah memberitahukan kata sandi bersangkutan kepada si pencuri? Nah ini dia yang juga akan saya jelaskan mengenai pentingnya kata sandi aman sebuah akun.

Baca : Inilah 6 Langkah Daftar Akun Facebook Dengan Email

Sesuai dengan yang pernah dikatakan boss Facebook, yakni Mark Zuckerberg waktu itu, bahwa sudah banyak member Facebook yang mengalami akunnya di bobol orang lain. 

Walaupun pihak Facebook telah menerapkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elekteonik (UUITE) dan akan menjerat siapapun yang melakukan kejahatan, tapi pada kenyataannya para pembobol akun Facebook tetap terus menjalankan aksinya.

Sebagai orang yang sayang terhadap akun Facebook yang sudah kita bikin, pastinya kita tidak ingin akun tersebut di serobot orang lain kan? Lantas bagaimana cara supaya akun Facebook kepunyaan kita aman? Ya salah satunya ialah dengan mempunyai kata sandi unik dan sulit di tembus para peretas itu tadi.


Ini merupakan solusi agar Anda tidak mudah lupa kata sandi atau password Anda

Sebagai pemegang akun Facebook yang masih aktif, tentunya kita juga ingin mengganti password yang dirasa kurang aman maupun sudah membosankan bukan? Lantas bagaimana caranya mengganti password akun Facebook dengan cepat tersebut? Berikut akan saya share langkah-langkahnya guys.


Cara Mengganti Password Facebook Secara Cepat.

a. Login Ke Akun Facebook.

langkah mengubah password facebook


Untuk mengganti password jejaring sosial FB ini tentunya kita harus punya akunnya, kemudian login ke Facebook seperti biasa.

Setelah di halaman beranda akun Anda, dilanjutkan dengan scroll ke bawah sampai menemukan halaman 'Pengaturan & Privasi' kemudian klik tulisan tadi. Lihat gambar.





b. Masuk Halaman Pengaturan & Privasi.





langkah mengubah password facebook

Kita akan di bawa ke halaman berikutnya yang di situ muncul menu 'Umum, Keamanan, Privasi, Kronologi dan Penandaan, Pemblokiran, Bahasa, serta yang lainnya'. Nah, di sinilah kita akan mulai mengganti password akun kita. Lihat gambar.




c. Masuk Halaman Kata Sandi.

langkah mengubah password facebook




Selanjutnya kita klik 'Umum' untuk menemukan menu 'Kata Sandi'.

Setelah kita sampai di halaman selanjutnya, kemudian klik 'Kata Sandi' atau 'Sunting'. Pada tahap ini kita akan berada pada halaman ganti sandi. Lihat gambar.

langkah mengubah password facebook



Hal pertama yang kita lakukan untuk mengganti sandi Facebook ialah dengan memasukan password yang saat ini Anda pakai ke kolom tersedia, kemudian baru memasukan kata sandi baru ke kolom bawahnya dan mengulangi sekali lagi, kemudian baru klik tombol 'Ubah Kata Sandi', selesai dan sandi akun Facebook sobat sudah berganti dengan password baru.


Karakter Kata Sandi Facebook Yang Aman.


Kata sandi sebuah akun akan aman jika karakter yang dipakainya beragam, sebab hal ini akan menyulitkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang hendak mencuri akun kita. Lantas karakter sandi seperti apa yang paling aman? Berikut saya berikan contoh password yang aman di gunakan dan sulit di tembus para peretas.

Contoh Kata Sandi Aman Untuk Akun Facebook.

AnJ@h2kG26K

1d3u6H9mA2

D8yE8@r8NbQ

i2nM6u3oS

V8o0FV1y, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Dengan maraknya aksi pembobolan akun Facebook yang sampai kini sering di dapati, tentunya kita tidak ingin jika akun kesayangan akan berpindah tangan bukan? 

Nah, untuk mengamankan akun Facebook kesayangan kita tersebut tentu sobat harus merubah kata sandi secara berkala. Adapun karakter kata sandi yang paling aman adalah seperti yang telah saya contohkan di atas.

Iya sih, karakter kata sandi acak dengan memakai perpaduan huruf, angka, tanda baca, simbol, pastinya sulit diingat dan hal itu jua akan menyulitkan mereka para peretas untuk mengambil akun yang kita miliki.


Kata sandi unik dan aman seperti di atas memang sangat ampuh untuk mencegah peretasan. Seperti yang kita tahu kalau banyak para peretas atau istilahnya hacker yang terkadang berbuat jahil dengan menglambil akun milik orang lain.

Tidak apa-apa sih kalau misalnya akun Facebook kita di retas orang lain dan diambilnya, sebab kita bisa membuat akun lainnya. Akan tetapi yang menjadi persoalan ialah tidak sayangkah kita dengan akun yang dimiliki dan sudah banyak jumlah pertemanannya?


Menurut kabarnya dan perlu kita perhatikan bahwa biasanya para peretas itu kalau sudah mengambil akun Facebook orang lain maka ia akan menjual akun tersebut dengan harga lumayan tinggi, bahkan tak segan-segan para peretas akan menggunakan akun yang di rampasnya untuk berbuat kejahatan, nah kan? 

Makanya sangat dianjurkan agar kita selalu menjaga akun dengan memberinya kata sandi yang sulit untuk diketahui orang lain, apalagi di tembus para peretas, contohnya dengan membuat password berkarakter seperti yang di contohkan tadi.

Demikianlah cara kita mengganti kata sandi akun Facebook dengan cepat. Lebih bagus kita mengganti password Facebook secara berkala dari pada membiarkannya dalam kurun waktu lama yang mana bisa saja kata sandi di ketahui oleh orang lain dan bisa mengakibatkan kerugian bagi kita sendiri.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »