Apa Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi ?

Buat para lulusan SMA/SMK sederajat yang mau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan ingin memilih jurusan IT / Komputer namun, mereka belum tahu apa yang dipelajari di masing-masing jurusan, dan nantinya prospek kerja mereka apa. 

Untuk itu, saya akan membahas perbedaan tersebut agar kalian tidak bingung lagi dalam memilih jurusan komputer. 

perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi


Apa Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika ? (Informatics)

Di dalam jurusan ini, kita mempelajari tentang cara membuat program sangat sederhana seperti menampilkan tulisan "Hello World" sampai membuat program yang sangat rumit.

Kita diajari bagaimana membuat program dengan bahasa pemrograman seperti java, C++, atau PHP jika akan membuat web.

Jika anda memasuki jurusan ini, anda pasti akan menguras logika. Apa yang harus dikuasai agar menjadi programming yang handal ? Baca artikel di bawah ini


Selain itu, ada banyak mata kuliah yang berbau matematika dengan tujuan untuk mengasah logika untuk menyelesaikan masalah. Karena seorang programmer itu harus pandai dalam hal logika.

Setiap bahasa pemrograman, pasti terdapat perbedaan struktur.
Coba baca artikel ini :



Semua aplikasi yang kita temui pasti ada kaitannya dengan programming. Aplikasi dibuat dengan menuliskan sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman dan perintah tesebut diuraikan menjadi urut dan sistematis.

Namun, ada juga mata kuliah yang bernama Desain Grafis. Apakah kita disuruh menggambar dengan seni artistik yang tinggi ? Baca saja artikel di bawah ini

Sudah jelas kan kita di jurusan Teknik Informatika akan ngapain ? Jadi apa ? Kita akan menjadi programmer. 

Lalu Apa Bedanya Teknik Informatika dengan Ilmu Komputer ?

Sebenarnya, itu hanya dari penamaannya saja. Kedua jurusan tersebut mempelajari hal-hal yang sama, yaitu tentang mengasah logika hingga membuat program.

Teknik Informatika atau Informatics itu merupakan sebuah jurusan di universitas di Eropa. Lalu, Ilmu Komputer atau Computer Science itu merupakan sebuah jurusan di universitas di Amerika.

Untuk jurusan Ilmu Komputer, masih dibawah fakultas MIPA ( Matematika dan IPA), tetapi untuk jurusan Teknik Informatika dibawah fakultas Teknik.


Apa Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Komputer ?

Banyak orang yang bilang bahwa di jurusan ini, orang akan membuat komputer, merakit laptop, dan lain-lain. Menurut saya, hal itu salah besar. 

Orang Teknik Komputer atau Sistem Komputer ini tugasnya membuat inti atau otak dari suatu perangkat. Biasanya anak-anak ini membuat chip atau prosesor sebuah perangkat.


chip - contoh karya jurusan Teknik Komputer


Kalau laptop kosongan atau tanpa sistem operasi, laptop tersebut masih bisa dioperasikan kan ? Nah, penyebab laptop tersebut bisa jalan yaitu karena adanya "otak" yang dibuat oleh aorang Teknik Komputer.

Jadi, jangan salah paham ya tentan jurusan ini.

Nah, kalau yang membuat laptopnya ya bisa kolaborasi antara orang Teknik Elektro, Kelistrikan, bahkan sampai Fisika.

Tetapi, yang membuat sistem operasinya ya tetap orang Teknik Informatika / Ilmu Komputer.

Orang Teknik Komputer juga ngoding, tapi bukan seperti orang Ilkom/TI ya. Ngodingnya lebih ke bahasa mesin seperti binar, dan sebagainya.




Lalu, Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Sistem Informasi ?

Untuk anda yang suka dengan komputer, tetapi tidak telalu ingin mendalami yang namanya pemrograman, tapi anda juga suka dengan bisnis, saya rasa anda cocok masuk jurusan ini.

Orang Sistem Informasi ini memiliki prospek kerja sebagai penganalisis sistem dan program.

Orang Sitem Informasi tugasnya menterjemahkan kemauan klien ke dalam bahasa yang dimengerti oleh orang TI, ya seperti yang memerintah orang TI dan Sistem Komputer.


analisa kebutuhan IT


Contohnya : Ada sebuah perusahaan ingin membuat sebuah program, maka perusahaan tersebut membutuhkan orang Sistem Informasi, dan orang SI itulah yang menyarankan klien akan menggunakan program yang seperti apa. Setelah itu, orang SI menyuruh orang TI membuatkan programnya.

Jadi, Sistem Informasi itu lebih ke teori dan Teknik Informatika lebih ke praktik membuat program dengan bahasa pemrograman.


Oke, sekian dulu deh penjelasan dari saya. Semoga bisa membantu kalian yang sedang memilih jurusan komputer tapi belum mengerti perbedaan antar jurusannya.


Mengapa ada Mata Kuliah Desain Grafis di Jurusan Teknik Informatika ?

"Gue mau masuk teknik informatika, tapi kok ada mata kuliah desain grafis ya ? Itu suruh ngapain pelajarannya?"
"Kok ada mata kuliah desain grafis ya di jurusan teknik informatika ? Bukannya pelajaran itu suruh nggambar ya ?"

Saya sering menjumpai pertanyaan semacam itu, banyak orang bertanya-tanya mengapa ada mata kuliah desain grafis di jurusan Teknik Informatika. 


Nah, tujuan saya membuat artikel ini yaitu untuk menjawab kegalauan orang-orang tentang adanya mata kuliah Desain Grafis di Teknik Informatika


Banyak yang mengira bahwa mata kuliah desain grafis di jurusan Teknik Informatika itu kita disuruh untuk menggambar menggunakan menggunakan aplikasi dengan hasil yang artistik.


Padahal, hal itu salah besar.


Sekarang saya bertanya, apakah anda sudah mengerti perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi ? Jika belum, baca artikel di bawah ini.



desain grafis
ilmuwebsite.com

Jika anda sudah baca dan artikel di atas membuat anda benar-benar mengerti tentang perbedaan antara ketiga jurusan komputer tersebut, maka saatnya anda mulai membaca artikel ini.


Namun, jika anda belum bisa menjumpai perbedaan diantara ketiga jurusan tersebut, maka baca lagi dengan seksama, karena ini sangat penting dan mempengaruhi masa depan anda.


Sudah paham ? Lanjutkan membaca artikel ini...


Teknik Informatika itu secara garis besar kita disuruh membuat sebuah program, maka orang-orang Teknik Informatika tidak mungkin diberi pelajaran untuk menggambar atau membuat karya seni yang artistik atau memiliki seni keindahan yang menakjubkan baik yang menggambar melalui kertas ataupun aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, Paint, dan lain-lain.


Sebelum saya menjelaskan apa yang dipelajari di mata kuliah Desain Grafis di jurusan Teknik Informatika, saya akan memancing logika anda.


Mengapa saya harus memancing logika anda ?


Agar anda bisa mengerti dengan betul-betul mengerti apa itu manfaat desain grafis di Teknik Informatika, anda tidak hanya mengerti namun anda mungkin bisa sangat merasakan betapa pentingnya keberadaan mata kuliah tersebut.


Langsung saja masuk ke pembahasan.


Logikanya begini...


Di jurusan Teknik Informatika, seseorang dituntut untuk membuat program / aplikasi baik untuk komputer, smartphone, atau yang lainnya.



Nah, mengapa ada mata kuliah Desain Grafis di Teknik Informatika ?


Mari kita sambungkan hubungan antara keduanya yang mungkin berhubungan dengan teknologi


Jurusan Teknik Informatika itu jurusan tentang teknologi, lebih tepatnya software atau perangkat lunak.



Lalu, apa hubungan mata kuliah Desain Grafis dengan Teknik Informatika ataupun perangkat lunak ?

Pasti ada hubungannya.

Orang berkuliah di jurusan Teknik Informatika pasti punya tujuan agar bisa menjadi programmer.


Baca : Kuasai 6 Hal Ini Untuk Meningkatkan Kemampuan Programming Anda Sebesar 80%


Nah, tujuan mata kuliah ya untuk membantu seseorang menggapai cita-citanya, kalau di Teknik Informatika ya menjadi programmer.


Pasti mata kuliah desain grafis juga membantu seseorang untuk bisa membuat program. 

"Membuat program ? Kenapa namanya desain grafis ?"

Jadi begini, desain grafis itu memang berhubungan dengan yang namanya aplikasi seperti Photoshop, Corel Draw, dan lain-lain.



desai grafis pada teknik informatika

Tapi, ada tapinya ini. Desain grafis itu kita tidak mempelajari cara menggunakan Photoshop, maupun kawan-kawannya. 


Kita mempelajari cara membuat sejenis Photoshop, mulai dari cursor kalau di drag akan menghasilkan lingkaran yang simetris, dan sebagainya.


Dengan begitu, kita bisa menjadi programmer yang membuat aplikasi sebangsa Photoshop.


Bisa dimengerti ?


Jadi, mata kuliah di sebuah jurusan itu pasti ada tujuannya untuk membantu seseorang menjadi raksasa di bidangnya.


Kesimpulannya, mata kuliah desain grafis itu bertujuan untuk membuat seseorang untuk menciptakan aplikasi untuk menggambar seperti Paint, Photoshop, Corel Draw.



Itu saja yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa membuat anda tidak bingung lagi sekaligus bisa menjawab pertanyaan yang telah saya sebutkan di atas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »