10 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

Belakangan ini, yang namanya smartaphone sudah merajalela di semua kalangan. Banyak orang yang sudah memiliki smartphone, bahkan satu orang pun bisa memiliki lebih dari satu smartphone. Pada zaman dahulu, sangat sedikit orang yang memiliki smartphone.

Dengan banyaknya jumlah smartphone dalam berbagai merek, sang pengguna pun sangat kecanduan dengan adanya benda ajaib ini. Mereka sampi bisa bermain smartphone-nya sendiri hingga lupa waktu. Waktunya tidur, mereka masih asyik bermain smartphone.


smartphone


Sering bermain smartphone itu ternyata berbahaya. Untuk yang sering melakukan hal ini, saya sarankan untuk mengurangi jam bermain smartphone anda ya. Langsung saja kita ulas satu per satu ya bahayanya.


1. Nomophobia

Berasal dari kata no,  mobile dan phobia. No memiliki arti sebagai "tidak", mobile diartikan sebagai "ponsel" dan phobia memiliki arti sebagai "ketakutan". Maksudnya adalah, jika anda sedang tidak bermain smartphone, anda akan ketakutan dan gelisah karena smartphone itu bisa menyebabkan kecanduan.

Survey mengatakan, sekitar 66% 1000 warga di Inggris mengaku bahwa mereka ketakutan saat tidak dekat dengan ponselnya.



2. Phantom Pocket Vibration Syndrome

Ini adalah penyakit yang cukup aneh, tetapi ini sangat nyata di kalangan pengguna (lebih tepatnya pecandu) smartphone. Penyakit ini merupakan indikasi dari rasa kesal saat tidak ada pesan di smartphonenya. Nah, siapa yang merasakan hal seperti ini ? Jika iya, maka anda telah terkena penyakit Phantom Pocket Vibration Syndrome.

Sebaiknya anda batasi penggunaan smartphone anda.


3. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Terlalu sibuk bermain smartphone membuat perhatian anda hanya berfokus pada smartphone anda saja. Akibatnya, anda kurang peduli terhadap lingkungan sekitar karena anda hanya bermain smartphone saja.


4. Cell Phone Elbow

Jika anda sering memegang smartphone, maka penyakit ini sering muncul dan ditandai dengan otot-otot tangan dan jari anda mulai kaku dan kesemutan. Sebaiknya, anda beristirahatlah karena penyakit seperti itu menandakan bahwa otot-otot jari dan tangan anda sudah mulai kelelahan dan butuh istirahat.


5. Penglihatan Terganggu

Berlama-lama memandangi smartphone membuat pandangan kita bisa terganggu karena mata terlalu sering berakomodasi untuk benda jarak dekat saja. Selain itu, mata bisa kering karena jarang berkedip saat melihat smartphone. Sebaiknya jangan bermain smartphone di tempat yang gelap dan jangan bermain smartphone sambil tiduran.


6. Sakit Kepala

Smartphone membawa aliran listrik melalui radiasi ketika dipegang oleh manusia. Aliran listrik tersebut bisa sampai ke kepala sang pemegang dan akhirnya dia pun merasakan sedikit pusing.


7. Sakit Punggung

Pada saat anda bermain smartphone, pasti secara tak sadar leher anda sedikit menunduk. Jika anda terlalu lama pada posisi seperti ini, maka bisa diprediksi anda akan mengalami sakit punggung yang cukup hebat karena otot leher dan punggung kamu sering berkontraksi. Akibatnya, pada sekitar umur 40 tahun, postur tubuh anda sudah berbeda dari manusia pada umumnya.


8. Pendengaran Terganggu

Terlalu sering mendengarkan musik pada smartphone melalui earphone dengan volume yang keras mengakibatkan pendengaran anda terganggu. Sebaiknya kurangi volume musik anda.


9. Merusak Otak dan Insomnia

Radiasi ponsel itu sangat berbahaya bagi penggunanya. Hal tersebut bisa memicu tumbuhnya tumor otak. Selain itu, hal ini juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami insomnia.


10. Membuat Anda Malas

Terlalu sering bermain smartphone membuat anda malas melakukan hal lainnya. Apalagi kalau anda sering bermain game dan anda begitu girangnya. Hal ini lebih cepat membuat anda menjadi pemalas. 


Nah, sekian dulu artikel dari saya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »