Rangkuman Lengkap Tentang Perangkat Proses

Proses. Dari namanya saja sudah mencerminkan bahwa proses adalah sebuah hal yang harus dilakukan seseorang demi mencapai tujuan sang pelaku. Namun, arti proses dalam komputer bukan seperti itu, melainkan seperti ini "Proses adalah perintah dari user yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data, operasi aritmatika serta oerasi logika yang dilakukan pada data yang di-inputnya."

perangkat proses
Perangkat Proses dalam Komputer disebut CPU. CPU memiliki akronim yaitu Central Processing Unit. CPU bertugas untuk memproses data yang di-input oleh sang user. Tanpa CPU, komputer tidak bisa bekerja. CPU itu bagaikan otak nya komputer. CPU memiliki dua komponen dasar, yaitu :
  1. ALU ( Arithmetic Logic Unit ) yang berfungsi untuk melakukan proses yang berhubungan dengan aritmatika (pejumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan logika (AND, OR, XOR).
  2. CU ( Control Unit ) yang berfungsi untuk mengatur, mengendalikan, dan menginstruksikan sistem komputer untuk mengikuti instruksi sebuah program. Selain itu Control Unit juga mengatur sinyal antara CPU dengann piranti eksternal.
Selain itu, CPU memiliki sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang disebut mikroprosesor. Prosesor bertindak sebagai pengirim pesan menuju RAM, monitor, Disk Drive. Mikroprosesor dihubungkan dengan tiga bus, yaitu : data bus, control bus, dan address bus.

Mikroprosesor bekerja menggunakan terminal yang spesifik, misal soket 7, soket 423, soket X. Soket X ini akan menjadi numerik apapun. Prosesor tipe-soket menggunakan soket Zero Insertion Force (ZIF). Soket ZIF didesain untuk mempermudah memasukkan mikroprosesor. Soket ZIF mempunyai tuas yang akan membuka dan menutup supaya mikroprosesor bisa aman di tempatnya.

Soket yang memiliki nomor berbeda, maka pengaturan pin lay dan pin out nya pun juga berbeda. Jumlah pin akan meningkat jika nomor soket juga meningkat.

Prosesor tipe slot hanya ada di pasaran selama setahun. Intel mengganti konfigurasi soket ke dalam paket prosesor dalam cartridge yang bisa muat dalam slot di motherboard untuk prosesor Pentium II. Dalam waktu yang hampir bersamaan, AMD telah meningkatkan Slot A, setara dengan Slot 1, menjadi Soket A karena kemampuan tingkat tinggi (high-end) AMD Athlon dan prosesor Duron.


Kecepatan CPU dikontrol oleh external clock yang berada di dalam motherboard. Sedangkan kecepatan prosesor ditentukan oleh sinyal frekuensi clock tersebut. Semakin tinggi angka nya, semakin bertambah kecepatan prosesor tersebut. Biasanya dinyatakan dalam GigaHertz (GHz).

Sekian artikel ini, semoga bisa membantu para pembaca yang sedang mencari materi tentang perangkat proses. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »