Benarkah Virtual Reality Hanya Didukung Oleh Android N Ke Atas Saja ?

Apakah anda tahu apa itu Virtual Reality ? Teknologi ini masih dianggap awam oleh kebanyakan orang di Indonesia, kecuali yang sering update. Mengapa bisa dianggap awam ? Karena masyarakat Indonesia baru belum terlalu lama mengenal apa yang namanya virtual reality. 

Teknologi ini sedang marak sekali diperbincangkan oleh para netizen pada masa ini. Di masa yang akan datang, pasti banyak orang yang sudah menggunakan yang namanya Virtual Reality.


valoso.com


Virtual Reality adalah sebuah benda seperti kacamata yang membuat kita seolah-olah merasakan kehidupan yang nyata meskipun yang di depan kita hanyalah dunia maya. Contohnya begini : Kalau anda perrnah menonton film 3D, pasti anda diwajibkan menggunakan kacamata 3D kan ? Nah, konsep kacamata 3D itulah yang hampir sama dengan Virtual Reality. 

Februari lalu, terdapat isu yang mengatakan bahwa Google sedang merombak Android agar bisa mendukung teknologi Virtual Reality ini. Selain itu, Google juga sedang menggagas teknologi tersebut sebagai kunci pembuka layar apabila ponsel sedang terkunci dengan tujuan agar ponsel tidak cepat terkunci saat sedang dipasang teknologi Virtual Reality ini.

Google dikabarkan sedang membuat agar Virtual Reality dapat digunakan tanpa harus dipasang di handphone maupun komputer. Tujuannya agar portabilitas teknologi tersebut semakin baik dan lebih ringkas.

Teknologi Virtual Reality ini sudah banyak digunakan oleh pilot, militer, gamer sebagai simulasi dan latihan supaya mereka bisa menentukan medan nyata yang akan dihadapinya dan bisa meningkatkan kemampuan mereka di bidang masing-masing.

Beredar isu di kalangan netizen yang mengatakan bahwa teknologi Virtual Reality hanya didukung oleh Android N ke atas saja. Hal itu masih menjadi topik yang hangat yang diperbincangkan di kalangan mereka. Hal itu menuai pro dan kontra di antara para netizen. Ada yang bilang ini lah, ada yang bilang itu lah, ada yang setuju lah, ada yang tidak setuju lah.

Seseorang pernah menanyakan hal ini "Bener nggak sih Virtual Reality itu cuma bisa dipakai di Android N ke atas ?" Kok di hp gue kagak bisa ya ? Apa karena gue pake Kitkat ?"

Waktu itu saya pun tidak tahu jawabannya. Setelah sampai di rumah, saya langung googlin, googling, dan googling. Tak lama kemudian, saya menemukan jawabannya. Ternyata yang mempengaruhi apakah sebuah handphone mendukung Virtual Reality itu bukan sistem operasinya, melainkan jenis handphone itu sendiri. 

Untuk mengetahui apakah handphone anda mendukung teknologi Virtual Reality, silakan download aplikasi yang bernama Eze VR. Kemudian buka aplikasinya dan klik "Check". Tunggu beberapa detik, dan apabila muncul tulisan "Fully Compatible" berarti handphone anda mendukung teknologi Virtual Reality. Namun apabila muncul tulisan "Not Compatible" berarti handphone anda tidak mendukung teknologi tersebut.

Sekian artikel ini, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan dari banyak orang yang kebingungan dengan isu yang beredar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »