6 Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC Hanya Dalam Sekejap dan Tanpa Keluar Uang

Koneksi Internet


Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup besar, hingga sebesar 88.1 juta ( Dirilis oleh : APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2014. 

Sedangkan tahun 2013, jumlah pengguna internet di Indonesia berada pada kisaran 71.2 juta. Seiring berjalannya waktu, jumlah pengguna internet di Indonesia semakin bertambah banyak. Hal itu membuat rata-rata koneksi internet di Indonesia mengalami penurunan yang amat signifikan.

Berdasarkan laporan dari State of The Internet yang dirilis oleh Akamai Technologies, rata-rata koneksi internet di negara kita yaitu Indonesia pada kuartal IV-2014 adalah kisaran 1.9 Mbps, sedangkan pada kuartal III-2014 rata-rata kecepatan internet di Indonesia yaitu 3.8 Mbps. 

Sungguh miris sekali, rata-rata kecepatan internet di Indonesia bisa menurun bahkan hingga 50%. Hal ini menagkibatkan peringkat internet Indonesia mengalami penurunan tajam dari urutan ke 77 menjadi urutan ke 122 di seluruh dunia.


internet


Internet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi orang Indonesia. Mereka pun sudah sangat fanatik atau kecanduan dengan yang namanya internet. 

[Baca : Sering Bermain Ponsel ? Ini 10 Bahayanya]


Apabila seorang pecinta bahkan pecandu internet mengalami koneksi internet yang lambat, pasti perasannya sudah tidak karuan. Hal itu pun sangat ditakuti oleh para pengkonsumsi internet apabila mereka mengalami hal yang demikian. 


Mereka bahkan bisa merogoh kocek yang lumayan dalam demi mendapatkan paketan yang menurut mereka memiliki koneksi yang maknyus. 


Tetapi, di situs ini admin hanya memberikan tips yang gratisan alias tanpa modal, paling hanya modal tenaga dan listrik atau baterai untuk mengoperasikan PC / Laptop. Langsung  saja kita ulas satu per satu ya.


1. Mengatur WinSock

WinScok itu gunanya untuk mengatur alur untuk mengakses layanan jaringan anda. Anda bisa mengatur WinSock demi meningkatkan kecepatan internet anda. 

Langkah pertama, anda harus masuk ke menu cmd atau  Command Prompt, tapi membuka cmd nya harus lewat “Run as Administrator” ya, kalau tidak, tidak akan berhasil usaha andaSetelah itu ketikkan perintah netsh int ip reset c:\resetlog.txt  kemudian tekan tombol enter pada keyboard anda, setelah itu restart PC anda. Berikut tampilannya

WinSock cmd



2. Mengosongkan DNS Cache

Ketika anda sedang browsing di internet, maka ISP (Internet Services Protokol) milik anda memiliki sebuah DNS (Domain Name System) server sendiri yang berfungsi untuk menerjemahkan alamat situs web menjadi alamat IP berupa informasi yang hanya bisa dibaca oleh sang komputer dan disimpan dalam file tersembunyi. 

Kumpulan informasi tersebut dinamakan DNS Cache. Nah, DNS Cache ini diibaratkan sebagai data yang pernah anda buka di internet yang tersimpan dalam PC. Jika DNS Cache ini tidak dihapus, maka akan memberatkan loading browser anda.

Nah, cara mengosongkan DNC Cache yaitu kita masuk ke cmd atau Command Prompt, lalu klik “Run as Administrator”. Setelah itu ketik perintah ipconfig/flushdns, setelah itu tekan tombol enter dan restart PC anda. Berikut tampilannya

DNS Cache di CMD



3. Nonaktifkan Layanan Yang Kurang Diperlukan

Jika sistem operasi pada PC anda itu Windows 8, maka ada lebih banyak aplikasi yang dijalankan saat startup dibandingkan dengan Windows 7 atau yang lainnya. Hal itu berakibat memori yang dipakai akan lebih banyak dan akan memperlambat kecepatan internet anda.

Caranya menonaktifkan layanan yang kurang diperlukan adalah sebagai berikut :
                a. Buka kotak dialog Run dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard.
                b. Ketik perintah “services.msc” , tanpa tanda petik ya. Perintah services.msc ini memiliki fungsi untuk mengatur aplikasi yang dijalankan saat startup.
                c. Klik ganda pada aplikasi yang ingin anda nonaktifkan sementara pada saat startup. Lalu pilih menu disabled

Nonaktifkan Layanan Yang Tidak diperlukan



4. Nonaktifakan Cadangan Bandwidth

Jika anda pengguna sistem operasi Windows 8, pasti Windows 8 menyisihkan bandwidth-nya sebesar 20% dari koneksi internet anda untuk digunakan pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Nah, ciri-ciri aplikasi yang berjalan di latar belakang yaitu sering ada pemberitahuan update aplikasi tersebut saat anda hubungkan komputer anda di internet. 

Sebenarnya, aplikasi tesebut tidak terlalu penting, jadinya tidak perlu di update juga tidak apa-apa. Walaupun anda tidak menggunakan aplikasi tesebut, bandwidth anda tetap terkunci sebesar 20%. 

Jadinya, ketika anda berselancar di internet, bandwidth (kecepatan akses internet) anda hanya sebesar 80%.  Kalau saya sih kurang puas dengan persentase bandwidth segitu. [Baca : Cara Menaikkan Bandwidth anda Saat Menggunakan Wifi]

Cara membuat bandwidth menjadi 100% yaitu dengan cara seperti ini :
a. Tekan Windows + R atau buka kotak dialog “Run”
b. Ketik perintah gpedit.msc
c. Masuk ke Local Group Policy Editor > Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates. Klik dua kali pada “Limit Reservable Bandwidth”.
d. Klik “enabled” pada radio, dan ganti angka 20 dengan angka 0. Dan klik OK. Dengan begitu, bandwidth yang akan anda gunakan untuk berselancar di internet akan menjadi 100%.


5.  Ubah DNS anda Menjadi OpenDNS atau DNS Google

Hal ini ternyata juga berpengaruh terhadap koneksi interet anda. Berikut langkahnya :
a. Buka “Network And Sharing Center”. (Klik kanan pada gambar sinyal di pojok kanan)
b. Klik kiri pada koneksi anda.

network And Sharing Center


c. Klik "Properties"

wifi status


d. Cari “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4 ), lalu klik “Properties”

ipv4


e. Setelah itu, pilih menu “Use The Following DNS Server Address”.

Anda bisa isi dengan :
                Preffered DNS Server : 208.67.222.222
                Alternate DNS Server : 208.67.222.220

atau
                Preffered DNS Server : 8.8.8.8
                Alternate DNS Server : 8.8.4.4
Ini contoh gambarnya

DNS Google


6. Tutub Tab Yang Tidak Dibaca

Jika anda membuka web dengan banyak tab, maka setiap tab tersebut akan refresh terus menerus setiap beberapa detik sekali untuk mengupdate informasinya dikarenakan web-web seperti itu termasuk ke dalam web dinamis, jadinya sering update. 

Dan setiap tab pastinya membutuhkan bandwidth untuk mengupdate informasi terbaru. Hal itu bisa mengurangi bandwidth anda. Terlihat sederhana tetapi manfaatnya lumayan loh. Selain memakan bandwidth, hal tersebut juga bisa memakan memori RAM. Akibatnya, kecepatan komputer anda bisa semakin pelan.

Nah, sekian dulu artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua para penggila internet yang ingin koneksi internetnya memiliki bandwidth yang cukup cepat. 

Tetapi hal yang telah saya sebutkan di atas hanya berpengaruh kecil. Jika anda ingin bandwidth yang cepat, maka anda harus merogoh kocek anda untuk membeli ISP yang lebih baik lagi. Kalau tidak, anda bisa pasang wifi di rumah anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »