3 Langkah Agar Bisa Meng-Copy File Berukuran Besar Ke Flashdisk Anda

Flashdisk


     Siapa yang tidak tahu flashdisk ? Flashdisk adalah media penyimpanan eksternal yang mudah dibawa kemana-mana. Pada zaman sekarang, banyak orang yang sudah memiliki sebuah flashdisk. 

Nah waktu kemarin sore, saya akan meng copy sebuah file dari komputer ke flashdisk saya. Ternyata file tersebut tidak bisa di copy dan muncul tulisan bahwa file yang akan saya kirim ke flashdisk itu memiliki ukuran 5.96 GB, dan flashdisk saya tidak bisa menampung sebuah file lebih dari 4 GB. 

Gambar Flashdisk
tokopedia.com

Waktu itu, saya ingin mengcopy file dengan format ISO ke dalam flashdisk saya. Tetapi, file tersebut tidak bisa di copy. Apakah karena format ISO nya yang membuat file tersebut tidak bisa di copy ya ? Atau karena format flashdisk nya ya yang tadinya FAT32 harus diganti menjadi NTFS ?


Padahal, ruangan yang tersisa (free space) di flashdisk saya masih sekitar 7 GB. Lalu, saya berfikir sejenak dan mengotak-atik flashdisk saya seraya berbicara di dalam hati, "Aduh, kenapa masih belum bisa ya ?".


Cara Membuat Flashdisk Bisa di Copy File Berukuran Lebih dari 4 GB


     Esok harinya, saya bertanya kepada teman saya tentang bagaimana cara agar bisa meng copy file berukuran lebih dari 4 GB ke flashdisk. Dia pun menjawab, dan pada saat di rumah, saya langsung praktikkan apa yang dia katakan. 

Ternyata cara tersebut berhasil, dan saya bisa meng copy file berukuran 5.96 GB tersebut ke flashdisk saya. Kali ini saya akan memberikan solusinya kepada anda. Langsung saja kita bahas bagaimana caranya.


1. Klik Kanan Pada Partisi Flashdisk, lalu Klik "Format"

Cara Membuat Flashdisk Bisa di Copy File Berukuran Lebih dari 4 GB

2. Setelah itu, muncul halaman seperti ini. Ubah jenis partisi "FAT32" menjadi "NTFS"

Cara Membuat Flashdisk Bisa di Copy File Berukuran Lebih dari 4 GB

Mengapa format flashdisk yang tadinya FAT32 (File Allocation Table) harus diubah menjadi NTFS (New Technology File System) ?

Jawabannya adalah karena NTFS dan FAT32 itu memiliki karakteristik yang berbeda.

Pastinya kelebihan dan kekurangannya juga berbeda.

Mau tau apa kelebihan dan kekurangannya ?

Saya akan membahas FAT32 terlebih dahulu.

  Kelebihan FAT32
  1. Bisa bekerja di hampir semua sistem operasi
  Kekurangan FAT32
  1. Tidak bisa untuk mengcopy file yang berukuran lebih dari 4 GB
  2. FAT32 hanya bisa menampung file yang berjumlah sekitar 65.517
  3. Ukuran cluster nya sebesar 32 KB. Jadinya, walaupun kita menyimpan file yang berukuran kurang dari 32 KB, di flashdisk anda (FAT32) akan tersimpan sebesar 32 KB. Hal itu sungguh membuat boros flashdisk anda.
  4. Tidak memiliki fitur file permission dan enkripsi sehingga kurang aman.
  5. Ukuran partisi maksimumnya hanya 2 TB. 

  Kelebihan NTFS
  1. Bisa mengcopy file yang berukuran sangat besar hingga 16 Exabyte atau setara dengan 16 miliar GB. Besar sekali ya
  2. NTFS bisa menampung jumlah file hingga sebanyak 4.294.967.295. Dengan begitu, anda lebih leluasa dalam memelihara file di flashisk anda.
  3. Ukuran cluster nya cukup kecil, yaitu sekitar 4 KB. Sehingga, flashdisk anda tidak memakan ruang penyimpanan yang cukup besar.
  4. Aman karena tersedia fitur file permission dan enkripsi. Hal itu mengakibatkan tingkat kemungkinan data yang corrupt akan disimpan terlebih dahulu. Sehingga, jika tiba-tiba komputer mati saat file sedang di write, tidak membutuhkan waktu untuk me - recovery data.
  5. Ukuran partisi maksimum nya sekitar 16 Exabyte atau sekitar 16 miliar Byte.
  Kekurangan NTFS
  1. Tidak bisa dijalankan di semua sistem operasi. Berbeda dengan FAT32.

3. Klik "Start" dan Tunggu proses hingga selesai


     Setelah proses tersebut, anda sudah bisa meng copy file yang berukuran lebih dari 4 GB ke flashdisk anda, mudah kan ? kecuali jika flashdisk anda hanya berukuran 4 GB. Apabila anda ingin meng copy file lebih dari 4 GB ke flashdisk anda.

Ternyata, format flashdisk harus diubah menjadi NTFS dahulu, karena jika format flashdisk masih FAT32 itu tidak bisa mengcopy file lebih dari 4 GB.


Hal tersebut juga berlaku untuk hardisk external. Jika anda tidak bisa mengcopy file besar ke hardisk external anda, maka ubahlah format hardisk anda yang awalnya FAT32 menjadi NTFS.


     Sekian dulu tips agar bisa meng copy file lebih dari 4 GB ke flashdisk dari saya. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi kalian semua. Apabila ada yang punya cara lain, boleh dituliskan di kolom komentar untuk sekedar saling berbagi. Klik share agar teman-temanmu juga tahu caranya. Terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »